Selasa, 15 Mei 2012

RAPAT KERJA KOMISI C DPRDSU DENGAN DISPENDA SUMATERA UTARA

Medan,NUSANTARANEWS
Rapat kerja KOMISI C DPRD SUMATERA UTARA Dengan dinas pendapatan provinsi sumatera utara,Selasa 15/5 2012 yang dihadiri oleh kadis pendapatan sumut H,SAFARUDDIN,SH dalam rapat kerja tersebut,membahas tentang dasar hukum pajak daerah provinsi sumatera utara.berdasarkan undang-undang RI nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

 PP no.91 tahun 2010 tentang jenis pajak daerah yang dipungut berdasarkan penetapan kepala daerah atau dibayar sendiri oleh wajib pajak. 
Perda provinsi sumatera utara no.1 tahun 2011 tentang pajak daerah provinsi sumatera utara diberlakukan senin 2 mei 2011.

Selanjutnya Pergubsu nomor 21 tahun 2011tentang juklak pemungutan PKB dan BBN-KB diprovinsi sumatera utara.
Pergubsu nomor 22 tahun 2011 tentang juklak pemungutan PBB-KB.
Pergubsu nomor 23 tahun 2011 tentang juklak pemungutan pajak air Permukaan.
 Pergubsu nomor 24 tahun 2011 tentang cara perhitungan nilai prolehan air harga air baku dan harga dasar air untuk penetapan pajak air permukaan,

Pergubsu nomor 25 tahun 2011 tentang pedoman bentuk isi dan kualitas SPTPD,SKPD,SKP,DKB,SKP,DKBT,SKPDN,SKPDLB,STPD,SSPD,surat peringatan dan/atau formulir lainnya yang dipersamakan dalam pemungutan pajak daerah.

PERGUBSU nomor 26 tahun 2011 juklak tata pmbetulan,pembatalan,pengurangan ketetapan pajak dan pengurangan penghapusan sanksi administrasi pajak serta penghapusan piutang pajak kadaluarsa atas pajak daerah.

 Pergubsu nomor 27 tahun 2011 tentang juklak pengembalian kelebihan pembayaran pajak daerah sumatera utara.

Dinas pendapatan provinsi sumatera utara saat ini sedang melakukan pemutakhiran data yang bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk penyeragaman data kendaraan bermotor,dikarenakan data pihak kepolisian dengan data dari dinas pendapatan sumut masih terdapat perbedahan kiranya perda retribusi daerah dapat direalisasikan dengan mengacu kepada undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

Upaya yang sedang dilakukan oleh dispendasu terhadap wajib pajak yang menunggak pertama diterbitkan surat pemberitahuan kepemilikkan kendaraan bermotor dan pengiriman surat peringatan pada wajib pajak untuk memberitahukan jatuh tempo PKB nya pengirimannya bekerjasama dengan kantor pos dan dilaksanakan razia terpadu dengan unsur yang terkait disamsat yaitu kepolisian ,pemerintah daerah dan pt jasaraharja serta melakukan soalisasi dan penyuluhan kepada wajib pajak yang menunggak diseluruh UPT dispendasu kabupaten/kota.
Pendekatan dan peningkatan pelayanan yang dilakukan dalam hal upaya untuk meningkatkan penerimaan PKB dan BBN-KB.

Pengoperasian beberapa samsat GERAI Pengoperasian bus samsat keliling penerapan ONLINE SYSTEM pengoperasian samsat DELIVERY ORDER perngoperasian samsat DRIVE THRU dan permasalahan yang dihadapi dan upaya penangulangan permasalahan yang dihadapi saat ini.

 Adalah banyaknya kendaraan yang ditarik oleh leasing tidak dilaporkan kesamsat upaya penangulangannya yang telah dilakukan adalah telah diterbitkan surat edaran GUBERNUR sumatera utara kepada perusahan leasing agar melaporkan setiap kendaraan bermotor yang ditarik perusahan leasing kesamsat.
Segera melunasi pajaknya kurangnya kesadaran wajib pajak kendaraan bermotor berflat kuning untuk membayar pajak kendaraan bermotor {AL }  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar